Lebaran Tak Komplet jika Belum Menyantap 5 Makanan Ini

Ketupat merupakan makanan khas lebaran. (Foto: istimewa)
Ketupat merupakan makanan khas lebaran. (Foto: istimewa)

NGANJUKTIMES, MALANG – Selain kue kering yang harus ada di saat hari kemenangan umat muslim atau Hari Raya Idul Fitri, juga ada makanan-makanan khas yang wajib disantap.

Makanan-makanan saat Lebaran ini menjadi hal yang ditunggu-tunggu. Dan makanan ini sudah menjadi ciri khas Lebaran setiap tahun. Berikut makanan-makanan yang wajib ada saat Lebaran.

1. Ketupat

Makanan dengan bahan dasar beras atau ketan ini sebagai makanan wajib dan khas saat Lebaran. Rasanya seperti ada  yang kurang saat Lebaran tanpa ketupat. Bahkan ada filosofi di balik ketupat dan makna Lebaran.

Ketupat yang dibungkus dengan anyaman ini mencerminkan perjalanan hidup yang sering diselingi kesulitan dan masalah. Itu hal yang wajar jika kita sering melakukan kesalahan. Sedangkan arti tali anyaman yang tidak putus menggambarkan pentingnya tali silaturahmi.

Dalam bahasa Jawa, ketupat atau kupat merupakan kependekan dari ngaku lepat dan laku papat. Ngaku lepat artinya mengakui kesalahan. Laku papat artinya empat tindakan, yang terdiri dari Lebaran (usai berpuasa), luberan (meluber/melimpah yang artinya berbagi rezeki), laburan (labur/kapur yang artinya memutihkan kesalahan atau dosa), dan lebur (melebur/memusnahkan yang artinya membersihkan dosa atau kesalahan.

2. Opor Ayam

Makanan wajib lainnya saat Lebaran adalah opor ayam. Makanan ini sering disandingkan dengan ketupat pada saat Lebaran. Menu ini menjadi hal yang wajib ada saat Lebaran tiba. 

Makanan ini berbahan dasar daging ayam, santan dengan campuran rempah-rempah lainnya. Tidak hanya pada saat Lebaran. Makanan yang memiliki cita rasa khas gurih ini juga dapat dijumpai pada hari-hari biasa.

3. Sambal Goreng Ati

Makanan ini memang selalu ada dalam menu sehari-hari. Namun sambal goteng ati ini menjadi makanan wajib saat Lebaran. Tidak lengkap rasanya ketupat dan opor ayam tanpa sambal goreng ati.

4. Rendang

Makanan dengan bahan utama daging sapi ini dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia. Lebaran tanpa makanan rendang ini kurang nikmat rasanya. Makanan yang penuh rempah-rempah khas Indonesia itu harus ada di meja makan.

5. Semur

Makanan lain yang hampir tidak pernah absen saat lebaran adalah semur daging. Namun tahukah Anda, makanan yang diramu dengan kecap manis ini ternyata berasal dari bangsa Belanda. Semur yang berasal dari kata “smoor” yang berarti masakan yang direbus dengan tomat hingga empuk.

 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]nganjuktimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]nganjuktimes.com | marketing[at]nganjuktimes.com
Top