Capaian KIA Masih Minim, Dispendukcapil Pemkab Blitar Akan Jemput Bola ke Rumah Warga

Budi Santosa, Kabid PDIP Dispendukcapil Kab Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Budi Santosa, Kabid PDIP Dispendukcapil Kab Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

NGANJUKTIMES, BLITAR – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) tak henti-hentinya menggenjot pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA). Ini dilakukan karena sejauh ini permohonan pembuatan KIA di Kabupaten Blitar masih minim.

Berdasarkan data Dispendukcapil Kabupaten Blitar, dari target jumlah anak usia 0-17 tahun yang wajib KIA, sebanyak 300 ribuan anak, kini pembuatan KIA baru mencapai sekitar 30 ribuan anak.

Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Dispendukcapil Kabupaten Blitar, Budi Santosa mengatakan, ada beberapa faktor menyebabkan pembuatan KIA masih belum maksimal. Di antaranya masih minimnya kesadaran anak atau orang tua untuk pembuatan KIA.”Bahkan, KIA sudah jadi, tapi tidak diambil oleh pemiliknya,” paparnya.

Agar pembuatan KIA sesuai target, pihaknya akan melakukan jemput bola, tidak hanya di sekolah, tetapi juga di setiap desa dan mendatangi langsung ke rumah. Untuk itu, kedepan akan bekerjasama dengan perangkat desa untuk melakukan pendataan dan juga pengumpulan data. “Jika data sudah terkumpul, kita tinggal mencetak. Sebab, pembuatan KIA lebih praktis ketimbang pembuatan e-KTP, yakni yang bersangkutan tidak perlu datang untuk melakukan foto dan lainnya,” jelasnya.

Lanjut dia, faktor lain yang menyebabkan pembuatan KIA masih minim yakni, sedikitnya anggaran yang tersedia. Hal itu berdampak pada pengadaan keping. “Juga karena masih banyak warga yang belum memiliki e-KTP, berdampak pada fokus untuk menyelesaikan pencetakan e-KTP ketimbang KIA,” tuntasnya.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : A Yahya
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]nganjuktimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]nganjuktimes.com | marketing[at]nganjuktimes.com
Top