Penerangan jalan umum. (Foto: Dokumen MalangTIMES)
Penerangan jalan umum. (Foto: Dokumen MalangTIMES)

Pengendara harus waspada saat berkendara malam hari di Kota Malang, terutama ketika melintas di Kecamatan Sukun. Hingga saat ini, setidaknya ada lima kelurahan di wilayah tersebut yang masih kekurangan lampu penerangan jalan umum. 

Sekitar 491 lampu penerangan jalan, saat ini masih dibutuhkan wilayah Kecamatan Sukun, Kota Malang. Jumlah kebutuhan lampu penerangan jalan tersebut tersebar di lima kelurahan yang ada di Kecamatan Sukun. Dari 11 kelurahan yang ada, terdapat lima kelurahan yang mengusulkan penambahan PJU. 

Hal itu diketahui setelah adanya paparan kegiatan proyek Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang di 2020 yang dilaksanakan di Kecamatan Sukun belum lama ini.

"Di wilayah Kecamatan Sukun, memang beberapa kelurahan mengusulkan adanya pembangunan penerangan jalan. Dan ini akan diupayakan pada 2020 dibangun," beber Kepala DPUPRPKP Kota Malang Hadi Santoso, saat paparan di Kecamatan Sukun beberapa waktu lalu.

Dari catatan usulan yang tercatat DPUPRPKP, dari lima kelurahan yang ada, Kelurahan Bandulan merupakan kelurahan dengan titik terbanyak yang akan dibangun penerangan jalan, yakni 211 titik.

Selanjutnya, disusul oleh Kelurahan Pisang Candi yang mengusulkan pembangunan penerangan jalan sebanyak 150 titik. Urutan berikutnya, yakni di pada Kelurahan Karangbesuki, yang tercatat mengusulkan pembangunan penerangan jalan sebanyak 77 titik.

Sementara untuk Kelurahan Sukun, pembangunan tidak sebanyak seperti kelurahan lainnya. Tepatnya hanya membutuhkan 44 titik PJU.

Camat Sukun I Ketut Widi E Wirawan menambahkan, jika pihaknya berharap agar pelaksanaan atau eksekusi hasil dari Musrenbang ini bisa terlaksana dengan lancar.

Dia juga berharap, agar terlaksananya pengerjaan proyek ini bisa cepat dilakukan. Sehingga masyarakat pun bisa segera merasakan manfaat atas upaya pemerintah memperbaiki infrastruktur khususnya di Kecamatan Sukun.

"Misalkan seperti gorong-gorong kan saat ini banyak sekali dibutuhkan oleh masyarakat. Apalagi bertepatan dengan musim hujan yang cukup tinggi, dan tentunya diharapkan hal itu bisa menanggulangi genangan-genangan. Semakin cepat semakin bagus," ungkapnya beberapa waktu lalu.

"Kami atas nama masyarakat dari 11 kelurahan di Kecamatan Sukun mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada DPUPRPKP akan segera terlaksananya sejumlah proyek infrastruktur di Kecamatan Sukun," pungkasnya.